Kreasi Tas Goni Unik Hafidz Ilmi, Karya Seni Kriya Berpadu Fungsi Berbahan Limbah di Kota Malang

- 23 Juni 2024, 14:32 WIB
Proses pembuatan tas ini dilakukan sepenuhnya secara manual
Proses pembuatan tas ini dilakukan sepenuhnya secara manual /Dk/MALANGRAYA.CO

MALANGRAYA.CO - Di Jalan Joyo Raharjo 158 B, Kelurahan Merjosari, Kecamatan Lowowkwaru, Kota Malang, terdapat sebuah teras berdimensi 3x6 meter persegi yang berfungsi ganda sebagai bengkel kerja sekaligus galeri seni Hafidz Ilmi. Putra asli Kota Malang ini menciptakan fenomena baru di dunia fashion dengan tas-tas buatannya yang terbuat dari karung goni, dihiasi dengan lukisan tangan, saat ini menjadi incaran para penggemar aksesori mode.

Selama dua tahun belakangan, Hafidz Ilmi serius menggeluti pembuatan tas dari material karung goni. Awalnya, ia fokus pada karya lukis di atas media yang sama. Namun, ketika pandemi Covid-19 mengakibatkan penurunan minat terhadap lukisannya, Hafidz beralih ke kreasi tas.

Ia mendapatkan bahan baku karung goni dari para pengepul, membelinya dalam jumlah besar untuk memperoleh harga yang lebih ekonomis serta memilih karung yang kualitasnya masih terjaga.

"Pembelian per unit karung goni bisa mencapai 5.000 rupiah, tetapi dengan pembelian grosir, saya bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih terjangkau." Jelas hafid saat dikonfirmasi awak media pada Minggu(23/6/2024).

Proses pembuatan tas ini dilakukan sepenuhnya secara manual, mulai dari perancangan pola, pemotongan bahan, penjahitan, hingga pemberian detail hiasan untuk menambah keindahan produk.

Berikut video lengkap, proses pembuatanya di rumah Hafid Ilmi.

Berbeda dengan penggunaan benang nilon atau wol yang umum, Hafidz memilih untuk membuat benang dari karung goni itu sendiri, termasuk tali tas yang ia gunakan.

"Semua prosesnya manual, karena pelanggan menginginkan produk yang tidak menggunakan benang sintetis atau mesin jahit. Untuk benang dan tali, saya buat sendiri dari karung goni," lanjut Hafidz.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: MalangRayatv Hafid Ilmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub