Perkuat Ekosistem Halal ; Wapres Sampaikan Tiga Langkah Strategis di Brawijaya Halal Summit 2024

- 19 Januari 2024, 23:57 WIB
K.H. Ma’ruf Amin saat menghadiri Brawijaya Halal Summit 2024 Peluncuran UB Halal Center, dan UB Halal Metric di Universitas Brawijaya
K.H. Ma’ruf Amin saat menghadiri Brawijaya Halal Summit 2024 Peluncuran UB Halal Center, dan UB Halal Metric di Universitas Brawijaya /Mtr/MALANGRAYA.CO

MALANGRAYA.CO-Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menghadiri Brawijaya Halal Summit 2024 Peluncuran UB Halal Center, dan UB Halal Metric di Universitas Brawijaya (UB). yang berada Jl. Veteran No. 10-11, Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, kota Malang. Wapres menyampaikan tiga langkah strategis untuk memperkuat ekosistem halal di Indonesia. pada Jumat (19/01/2024).

Dalam acara ini, Wapres memaparkan bahwa untuk memperkuat ekosistem halal nasional, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyebarkan pemahaman tentang praktik beretika dan berkelanjutan serta meningkatkan kolaborasi multipihak. 

"Sebarluaskan pemahaman tentang praktik-praktik beretika dan berkelanjutan, serta tingkatkan kolaborasi multipihak agar tercipta tatanan ekosistem halal yang semakin baik,” paparnya.

Selain itu, para pelaku industri perlu masuk dalam sentra industri halal dan mendapatkan program pendampingan dari pemerintah. Infrastruktur ekosistem halal juga perlu diperkuat.

Langkah kedua adalah mengaktifkan partisipasi industri keuangan syariah dalam ekosistem halal, terutama dalam menjembatani akses pembiayaan syariah bagi UMKM. Wapres juga menekankan perlunya edukasi bagi pelaku industri halal tentang peluang inovasi pendanaan syariah.

"Aktifkan partisipasi industri keuangan syariah dalam ekosistem halal, terutama dalam menjembatani akses pembiayaan syariah bagi UMKM,” imbuhnya

Selanjutnya, Wapres menyampaikan bahwa UB Halal Center perlu meningkatkan kolaborasi riset dan kajian di bidang halal, termasuk terkait penataan rantai pasok dan ekosistem halal yang menjamin etika dan keberlanjutan.

Wapres juga menekankan pentingnya kerja sama untuk mengembangkan ekosistem halal regional dan memberikan kontribusi positif pada penguatan ekosistem halal nasional.

"UB Halal Center agar meningkatkan kolaborasi riset dan kajian di bidang halal, termasuk terkait penataan rantai pasok dan ekosistem halal yang menjamin etika dan keberlanjutan,” Jelas Wapres.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: NN-SK-BPMI, Setwapres


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah