Niat Cari Rumput, Pria di Malang Malah Curi Mesin Gergaji, Terancam 5 Tahun Penjara

- 9 Juli 2024, 08:14 WIB
Pria di Wagir, Kabupaten Malang diamankan petugas karena mencuri mesin gergaji setelah sebelumnya cuma niat mencari rumput.
Pria di Wagir, Kabupaten Malang diamankan petugas karena mencuri mesin gergaji setelah sebelumnya cuma niat mencari rumput. /Humas Polres Malang

MALANGRAYA.CO – Modus kejahatan ini kini semakin variatif dan warga diminta untuk meningkatkan kewaspadaan. Baru-baru ini, Kepolisian Resor (Polres) Malang berhasil mengamankan seorang pria yang melakukan pencurian di sebuah rumah tidak jauh dari tempat tinggalnya. Awalnya berniat cari rumput, tersangka akhirnya nekat mencuri mesin gergaji.

“Tersangka berinisial RN, 31 tahun, warga Dusun Darunan, Desa Mendalanwangi, Kecamatan Wagir, berhasil diamankan tim unit Reskrim Polsek Wagir di rumahnya pada Jumat, 5 Juli 2024,” terang IKasi Humas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara, pada Senin, 8 Juli 2024, kemarin.

Tersangka diamankan sekitar pukul 21.00 WIB di rumahnya. Dia diduga keras telah melakukan pencurian alat pertukangan di sebuah rumah tidak jauh dari tempat tinggalnya.

“Kejadian pencurian bermula ketika UR, 79 tahun, kehilangan sebuah mesin pemotong kayu dan dua unit baterai pada Jumat kemarin. UR ini adalah seorang penjaga salah satu kebun durian di Desa Mendalanwangi,” papar Ipda Dicka.

Sebelumnya, korban juga kehilangan uang tunai sebesar Rp5,8 juta pada akhir Juni 2024 kemarin. Akhirnya, korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Wagir.

Menindaklanjuti laporan tersebut, pihak kepolisian lantas melakukan penyelidikan dan berhasil mengidentifikasi identitas terduga pelaku. Tersangka RN kemudian diamankan di rumahnya beserta barang bukti berupa satu buah mesin gergaji merk Ryu, dua unit baterai, serta charger.

“Dari hasil pemeriksaan, tersangka RN diketahui awalnya berangkat dari rumah untuk mencari rumput di kebun durian dengan mengendarai sepeda motor Yamaha Vega,” sambung Ipda Dicka.

Setibanya di kebun durian, tambah dia, pelaku masuk dengan menerobos pagar tanaman dan langsung menuju gudang, lalu mencuri barang-barang tersebut. Setelah melakukan pencurian tersebut, pelaku kembali melanjutkan aktivitas mencari rumput, kemudiang pulan ke rumahnya.

“Saat ini, tersangka sudah ditahan dan dikenakan Pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman paling lama lima tahun penjara,” pungkas Ipda Dicka.***

Editor: Anang Panca Kurniawan

Sumber: Humas Polres Malang


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub