Berlimpah Vitamin, Petani Sayur di Kota Batu Beralih ke Budidaya Jambu Kristal

- 19 Mei 2024, 13:34 WIB
Dengan kandungan vitamin C, serat, antioksidan, dan mineral yang melimpah, jambu kristal layak menjadi bagian dari diet sehat Anda
Dengan kandungan vitamin C, serat, antioksidan, dan mineral yang melimpah, jambu kristal layak menjadi bagian dari diet sehat Anda /Dk/MALANGRAYA.CO

MALANGRAYA.CO - Di Kota Batu, sejumlah petani sayur mengalihkan usahanya ke sektor budidaya buah jambu kristal, seperti yang dialami oleh Sumari, warga Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, kota Batu. Dari yang semula menggarap sayuran, kini Sumari beralih ke budidaya jambu kristal yang dikenal dengan perawatan yang lebih efisien dan hasil panen yang melimpah, serta banyak vitamin.

Berawal dari bertani sayuran, kini Sumari telah beralih ke budidaya jambu kristal yang dikenal dengan perawatan yang lebih efisien dan hasil panen yang melimpah, serta kaya akan kandungan vitamin.

"Buah ini mengandung serat yang tinggi, sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu memperlancar proses pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus. Asupan makanan yang kaya serat juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas,” terangnya.

Pilihan ini bukan tanpa pertimbangan. Sumari memilih jambu kristal karena perawatan yang lebih sederhana dan hasil panen yang cukup melimpah. Bagaimanakah potensi budidaya jambu kristal yang kini digeluti oleh Sumari.

Berdasarkan pertimbangan yang matang, Jambu kristal dipilih karena perawatan yang relatif mudah dan kandungan nutrisi serta vitamin yang tinggi, dan bermanfaat bagi kesehatan.

Menurut Sumari dan petani lainnya di Kota Batu merasakan potensi besar dari budidaya jambu kristal, apabila ditekuni secara profesional.

"Bertani sayuran itu melelahkan dan seringkali hasilnya tidak maksimal." Keluhnya.

Hal ini mendorongnya untuk mencari alternatif lain dalam bertani, dan jambu kristal menjadi pilihan yang tepat.

Dengan hasil yang berlimpah, jambu kristal menjadi salah satu ikon Desa Tlekung, Junrejo, Kota Batu.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: Gapoktan Harapan Jaya


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah