Hormati Tradisi Jawa, Mantan Wakil Wali Kota Batu Serahkan Formulir Pencalonan ke DPC -PDIP

- 22 Mei 2024, 14:40 WIB
Hanya ditemani satu orang pihak keluarga, mantan Wawali Kota Batu Punjul Santoso periode 2017-2022 mengembalikan formulir pendaftaran Bacakada ke kantor DPC PDIP Kota Batu, pada Rabu (22/5/2024)).
Hanya ditemani satu orang pihak keluarga, mantan Wawali Kota Batu Punjul Santoso periode 2017-2022 mengembalikan formulir pendaftaran Bacakada ke kantor DPC PDIP Kota Batu, pada Rabu (22/5/2024)). /Oyo/MALANGRAYA.CO

 

MALANGRAYA.CO - Proses pencalonan kepala daerah kota Batu terus berlangsung dengan pengembalian formulir pendaftaran oleh para bakal calon. Pada 27 April 2024 mendatang, formulir telah diambil dan kini dikembalikan.

Didampingi satu kerabat, Punjul Santoso, yang pernah menjabat sebagai Wakil Wali Kota Batu periode 2017-2022, menyerahkan kembali formulir pencalonannya ke kantor DPC PDIP Kota Batu pada hari Rabu (22/52024).

Sebelumnya, telah ada dua pendaftar yang melakukan hal serupa, yaitu Inol Ertadiansyah, seorang Aparatur Sipil Negara, dan Didik Gatot Subroto, Wakil Bupati Malang.

Punjul menyampaikan bahwa proses pengembalian formulir ini dilaksanakan dengan mengikuti adat Jawa, dimana perubahan waktu juga diiringi dengan pergantian hari.

"Kami memilih untuk mengembalikan formulir setelah waktu dzuhur, menghormati tradisi Jawa," jelas Ketua DPC PDIP Kota Batu.

Menurutnya, waktu pengembalian formulir ini bertepatan dengan Kamis Kliwon, yang merupakan hari yang baik menurut kepercayaan Jawa.

"Pada pukul 11.00 WIB masih terhitung hari Rabu Wage, namun sekitar pukul 12.00 WIB sudah berganti menjadi Kamis Kliwon Tibo Candi, yang merupakan waktu yang baik untuk menyampaikan kabar," paparnya.

Punjul juga mengungkapkan hari Tibo Candi sering dianggap sebagai waktu yang tepat untuk memulai pembangunan rumah, karena hari tersebut memiliki empat sifat positif: kebahagiaan, kesehatan, keselamatan, dan dihormati.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: DPC-PDIP KOTA BATU


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah