80 Unit Tak Layak Jalan..! Dinas Perhubungan Kota Batu Inspeksi Keselamatan Bus-Bus Wisata

- 27 Mei 2024, 22:56 WIB
Dari 112 Bus Pariwisata 80 Unit Tidak Layak Jalan Usai Ramp Check Oleh Dishub Kota Batu
Dari 112 Bus Pariwisata 80 Unit Tidak Layak Jalan Usai Ramp Check Oleh Dishub Kota Batu /Oyo/MALANGRAYA.CO

 

MALANGRAYA.CO - Dalam upaya pencegahan kecelakaan yang melibatkan bus pariwisata di Kota Batu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batu telah melakukan pemeriksaan kelaikan jalan atau Ramp Check pada masa liburan pekan lalu.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Batu, Hari Juni Susanto, menyampaikan bahwa kegiatan Ramp Check ini berlangsung selama empat hari, dimulai dari tanggal (23/5/ 2024) hingga (26/5/2024). Ini merupakan langkah konkrIt dalam memastikan keselamatan pengguna jalan.

"Sejak Kamis (23/5/2024) sampai Minggu (26/5/2025) kemarin dan total ada 112 bus pariwisata yang diperiksa dan 83 persen diantaranya atau 80 bus dinyatakan tidak layak jalan," katanya.

Kerjasama antara Dishub Kota Batu dengan Koordinator Satuan Pelaksana (Korsatpel) Terminal Ajosari Tipe A dari Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Wilayah XI Jawa Timur telah menghasilkan program pemeriksaan yang efektif.

"Kami telah memeriksa sebanyak 112 bus pariwisata dan menemukan bahwa 80 unit di antaranya, atau 83 persen, tidak memenuhi standar kelaikan jalan," ungkap Hari Juni Susanto pada Senin, (27/52024).

Beberapa faktor yang menjadi penyebab ketidaklayakan itu di antaranya tidak adanya Kartu Pengawasan Operasional (KPS), masa berlaku uji KIR yang telah habis, serta Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang telah kadaluarsa.

"Yang menjadi sorotan utama adalah banyak bus yang hanya memiliki satu sopir, padahal untuk perjalanan panjang minimal harus ada dua sopir di satu bus karena setiap empat jam sekali sopir harus beristirahat," jelasnya.

Meskipun demikian, secara fisik, mayoritas kendaraan masih dalam kondisi aman untuk digunakan, namun terdapat beberapa pelanggaran seperti kelebihan kapasitas kursi, Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang telah kedaluwarsa, dan tidak adanya sabuk pengaman pada sopir.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: DISHUB KOTA BATU


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah