Belum Terdaftar SIHP..! Ribuan Pedagang Pasar Induk Among Tani Kota Batu

- 28 Mei 2024, 11:07 WIB
  Koordinator Zonasi Pasar Induk Among Tani Kota Batu Didin Dariyanto saat Pertemuan dengan perwakilan dinas di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu
Koordinator Zonasi Pasar Induk Among Tani Kota Batu Didin Dariyanto saat Pertemuan dengan perwakilan dinas di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu /Oyo/MALANGRAYA.CO

 

MALANGRAYA.CO - Didin Dariyanto selaku Koordinator Zonasi Pasar Induk Among Tani di Kota Batu mengungkapkan bahwa para pedagang, baik yang menempati kios maupun los, belum memiliki Surat Izin Hak Pakai (SIHP) sejak awal beroperasi di Pasar Induk Among Tani.

Pasar Induk Among Tani, yang terletak di Jalan Dewi Sartika, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, memiliki total 1.716 kios dan 914 los yang dapat menampung sebanyak 2.630 pedagang.

Pasar ini dibiayai oleh APBN dengan anggaran sebesar Rp166 miliar, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 80 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi di beberapa kawasan.

Didin menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pertemuan dengan dinas terkait di DPRD Kota Batu guna membahas keluhan para pedagang pada Senin kemarin, (27/5/2024).

Menurut pandangan Didin, persoalan kepemilikan menjadi aspek yang sangat kritikal, mengingat bahwa Surat Izin Haki Produk (SIHP) adalah dokumen yang memiliki peran penting bersifat krusial.

"Dengan adanya SIHP, penegakan aturan oleh dinas terkait akan lebih efektif. Hal ini akan mendukung ketertiban pasar dan memudahkan penataan, termasuk penanganan kios atau los yang ditinggalkan tanpa aktivitas jual beli," jelas Didin pada Selasa, (28/5/2024).

Didin menambahkan, dengan diterbitkannya SIHP, akan mempermudah dinas dalam melakukan pendampingan dan pengawasan, termasuk oleh Satpol PP.

Hal ini juga akan memungkinkan identifikasi pedagang yang tidak mematuhi aturan, seperti yang menyewakan kios atau los secara tidak sah.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: DPRD KOTA BATU


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah