Satbinmas Polres Batu Adakan Latihan Peningkatan Keterampilan untuk Kasat Kamling

- 13 Juni 2024, 10:54 WIB
Kegiatan ini diikuti oleh 53 orang Kasat Kamling Kelurahan/Desa se–wilayah hukum Polres Batu
Kegiatan ini diikuti oleh 53 orang Kasat Kamling Kelurahan/Desa se–wilayah hukum Polres Batu /Dk/MALANGRAYA.CO

MALANGRAYA.CO – Satbinmas Polres Batu, Polda Jawa Timur, menggelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan (Latkatpuan) bagi Kasat Kamling di setiap Kelurahan/Desa dalam wilayah hukumnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya keterampilan dalam Penanganan Pertolongan Gawat Darurat (PPGD) dan Penanggulangan Bencana Alam. Pelatihan berlangsung di Rupatama Polres Batu pada Rabu, (12/6/2024).

Sebanyak 53 Kasat Kamling dari Kelurahan/Desa di wilayah hukum Polres Batu menghadiri pelatihan ini.

Satbinmas, sebagai unit yang bertanggung jawab atas pembinaan kegiatan swakarsa termasuk pengamanan, menyelenggarakan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas Kasat Kamling.

Wilayah hukum Polres Batu mencakup enam kecamatan, yakni Batu, Bumiaji, dan Junrejo yang berada di bawah administrasi Pemerintah Kota Batu, serta Pujon, Ngantang, dan Kasembon yang merupakan bagian dari Kabupaten Malang.

Hal ini dijelaskan oleh, AKP Dwi Jatmiko, selaku Kasat Binmas Polres Batu.

"Terdapat 53 kelurahan/desa yang terdiri dari 5 kelurahan dan 48 desa. Mengingat seringnya terjadi bencana di wilayah kami, pelatihan ini memberikan dua materi utama."

Materi pertama adalah tentang Penanggulangan Bencana, yang disampaikan oleh Gatot Noegroho, S.T. dari BPBD Kota Batu.

Dan materi kedua adalah Teknik Praktis PPGD, yang diberikan oleh Abdul Muntholip dari PMI Kota Batu.

"Harapan kami, pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan sehingga dapat diaplikasikan oleh anggota linmas dan satkamling di kelurahan/desa masing-masing. Ini penting, terlebih dengan adanya Lomba Pos Satkamling yang akan diadakan oleh Mabes Polri dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024," tambah AKP Dwi.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: Polres Batu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub