Lima Pelajar Terancam Hukuman Berat..! Kasus Bullying Berujung Maut di Kota Batu

- 13 Juni 2024, 20:34 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi /Priyono/MALANGRAYA.CO

MALANGRAYA.CO - Insiden tragis perundungan yang menimpa RKW (14), seorang siswa SMP di Kota Batu, Jawa Timur, telah menarik perhatian publik. Kejadian pada tanggal 31 Mei itu mengakibatkan korban mengalami pendarahan di otak dan, setelah menjalani perawatan intensif, RKW meninggal dunia pada tanggal yang sama.

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu telah mengambil alih penanganan kasus ini dari Polres Batu. Setelah menerima berkas perkara dari penyidik, Kejari Kota Batu sedang melakukan kajian mendalam atas dokumen yang diajukan.

"Kami menerima berkas pada 6 Juni dan saat ini tengah mempelajari kasus tersebut dengan seksama, terlebih karena melibatkan anak-anak," ucap M. Januar Ferdian. Pada Selasa (11/6/2024) kemarin lusa.

Lima siswa yang diduga terlibat dalam insiden ini telah diamankan oleh Polres Batu. Para siswa yang masih di bawah umur, dengan inisial MA, KA, AS, MI, dan KB, menghadapi proses hukum meskipun usia mereka rata-rata 13 hingga 15 tahun.

"Kami akan menangani kasus ini sesuai dengan UU nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak," jelas Ferdian.

Berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, para tersangka dapat dikenakan hukuman paling lama 15 tahun penjara dan denda hingga jumlah 3 miliar rupiah.

"Sejalan dengan hal itu, kendati para tersangka masih berstatus sebagai anak di bawah umur dengan usia rata-rata antara 13 hingga 15 tahun, proses hukum akan tetap dilaksanakan," jelas M Januar Ferdian, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Batu.

Lebih lanjut, Ia menyatakan bahwa penanganan kasus ini akan dilakukan sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

"Kelima tersangka itu terancam hukuman maksimum selama 15 tahun penjara dan denda sebanyak 3 miliar rupiah," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub