Penjualan Kambing Kurban di Kota Batu Menurun Jelang Idul Adha

- 13 Juni 2024, 20:59 WIB
Kabul Pedagang Kambing
Kabul Pedagang Kambing /Priyono/MALANGRAYA.CO

MALANGRAYA.CO - Menjelang perayaan Idul Adha, para pedagang kambing kurban di Kota Batu, Jawa Timur, menghadapi penurunan jumlah pembeli. Situasi ini membuat para penjual khawatir tidak akan mencapai target penjualan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Salah satu pedagang kambing kurban, Kabul, yang berjualan di Jalan Sultan Agung Kota Batu, menyatakan kekecewaannya terhadap kondisi pasar saat ini.

Kabul, yang tahun lalu sukses menjual 105 ekor kambing, tahun ini merasa pesimistis untuk dapat mencapai angka penjualan yang sama.

"Dari total stok 136 ekor, baru 45 ekor yang terjual sampai saat ini. Tahun ini bisa dibilang cukup sepi dibandingkan tahun lalu," kata Kabul pada Kamis, (13/6/2024).

Kabul menyampaikan bahwa ia tidak mengetahui secara pasti apa yang menjadi penyebab menurunnya penjualan tahun ini, walaupun jumlah pedagang musiman tidak mengalami perubahan signifikan dari tahun-tahun sebelumnya.

Kabul menawarkan kambing dengan harga yang beragam, tergantung pada ukuran. Untuk kambing jenis Jawa, harganya dimulai dari Rp 3 juta, sedangkan kambing silangan Etawa yang merupakan jenis termahal dijual dengan harga hingga Rp 12 juta. Kabul mendapatkan pasokan kambing-kambingnya dari Kabupaten Blitar.

"Target penjualan saya tahun ini adalah 150 ekor, mengingat tahun lalu saya berhasil menjual 105 ekor dengan keuntungan mencapai Rp 15 juta hingga Rp 20 juta," tambah Kabul.

Pemerintah Kota Batu sendiri telah mengambil langkah-langkah dalam memastikan kesehatan hewan kurban. Petugas kesehatan hewan melakukan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan kambing-kambing ini layak untuk dijadikan hewan kurban.

Pj Wali Kota Batu juga turut serta dalam pemeriksaan kesehatan dan memberikan vitamin kepada hewan-hewan kurbannya.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: Pedagang Kambing


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub