Libur Idul Adha..! Polres Batu dan Kementerian Perhubungan, Laksanakan Rampcheck Kendaraan Pariwisata

- 18 Juni 2024, 23:07 WIB
Pemeriksaan dilakukan selama empat hari, mulai dari tanggal 15 hingga 18 Juni, di lokasi-lokasi wisata populer di kota Batu
Pemeriksaan dilakukan selama empat hari, mulai dari tanggal 15 hingga 18 Juni, di lokasi-lokasi wisata populer di kota Batu /Priyono/MALANGRAYA.CO

MALANGRAYA.CO – Dalam rangka memastikan keselamatan transportasi jelang musim liburan, Polres Batu bersinergi dengan Kementerian Perhubungan mengadakan inspeksi rampcheck pada kendaraan pariwisata di beberapa destinasi wisata yang berada dalam wilayah hukum Polres Batu pada Selasa, (18/6/2024).

Inspeksi gabungan ini melibatkan berbagai instansi termasuk Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan Kabupaten Malang, Satuan Lalu Lintas Polres Batu, serta Jasa Raharja.

Pemeriksaan dilakukan selama empat hari, mulai dari tanggal 15 hingga 18 Juni, di lokasi-lokasi wisata populer seperti Batu Secret Zoo, Air Terjun Coban Rondo, Florawisata Santera De Laponte Pujon, dan Batu Night Spectacular (BNS).

Kepala Terminal tipe A Arjosari Malang, Maria Margareta, menekankan pentingnya kegiatan ini untuk menjamin keamanan bersama.

"Rampcheck merupakan langkah proaktif kami untuk menjamin keselamatan dan memverifikasi kelayakan bus pariwisata yang akan digunakan oleh masyarakat, khususnya di saat puncak liburan seperti saat ini." jelas Maria.

Dalam rampcheck ini, petugas melakukan pemeriksaan terhadap beberapa dokumen penting seperti SIM (Surat Izin Mengemudi), Uji KIR (Kendaraan Inspeksi Rutin), KPS (Kartu Pengawasan Sementara), dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

Setiap pengemudi bus pariwisata harus memiliki SIM yang sesuai, yaitu SIM B1 atau B2 umum, tergantung kapasitas bus yang dikemudikan. SIM tersebut menjamin bahwa pengemudi memenuhi standar kompetensi mengemudi kendaraan besar.

Uji KIR bertujuan untuk memastikan bahwa kendaraan memenuhi standar kelayakan operasional dan keamanan. Bus pariwisata harus menjalani Uji KIR secara berkala, dengan sertifikat KIR yang valid menandakan bahwa bus itu dalam kondisi prima dan siap digunakan.

KPS diterbitkan oleh Dinas Perhubungan sebagai kontrol operasional bus pariwisata, mencakup informasi rute dan jadwal operasional. Dokumen ini harus dibawa selama perjalanan dan ditunjukkan saat diperlukan.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: Polres Batu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub