Eloknya Coban Lanang, Spot Wisata Family Friendly di Kota Batu, Tiket Murah Meriah

- 9 Juli 2024, 10:12 WIB
Coban Lanang di Kota Batu menawarkan panorama cantik dengan akses yang mudah sehingga cocok dijadikan lokasi liburan keluarga.
Coban Lanang di Kota Batu menawarkan panorama cantik dengan akses yang mudah sehingga cocok dijadikan lokasi liburan keluarga. /Instagram/@n.a.n.d.y.a.n/@/agz_pr

MALANGRAYA.CO – Jika kebanyakan wisata air terjun berada di tersembunyi di tengah hutan dan membutuhkan perjuangan berat, tidak demikian dengan Coban Lanang. Tempat wisata ini berada dekat jantung Kota Batu dengan akses yang mudah, tanpa menghilangkan suasananya yang alami. Tidak heran jika spot ini kerap direkomendasikan untuk liburan keluarga.

Lokasi dan Rute Coban Lanang

Objek wisata ini bisa ditemukan di Jalan Bromo, Dusun Ngujung, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Jika berangkat dari Alun-Alun Kota Batu, perjalanan menuju Coban Lanang cuma menempuh jarak 5 km atau sekitar 10 menit saja menggunakan kendaraan bermotor, lewat Kaliwatu Rafting.

Sementara itu, apabila bertolak dari Surabaya, memerlukan waktu sekitar 2 jam berkendara. Traveler bisa melintasi Pandaan, lanjut ke Lawang, Singosari, lalu belok kanan menuju Jalan Perusahaan. Ikuti saja jalan tersebut sampai bertemu Taman Dolan, kemudian belok kiri. Dari titik ini, jarak ke Coban Lanang cuma 1 km.

Daya Tarik Coban Lanang

Jika pernah berkunjung ke Coban Rondo, akses menuju Coban Lanang tidak jauh berbeda, sangat mudah. Jalanan ke tempat tersebut sudah bagus dan dapat dilalui kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Pesona Coban Lanang./
Pesona Coban Lanang./ Instagram/@n.a.n.d.y.a.n

Setibanya di gerbang masuk atau loket tiket, wisatawan bisa memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan. Setelah itu, perjalanan menuju air terjun dilanjutkan dengan berjalan kaki kira-kira 10 menit. Jalanan sudah berpaving sehingga nyaman dilalui.

Baca Juga: Pesona Coban Putri, Wisata Murah di Kota Batu Eloknya Manjakan Mata

Sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun, traveler akan dimanjakan dengan panorama alam yang masih asri. Pohon dengan rindang menyelimuti kawasan ini, termasuk pohon bambu, selain kebun bunga cantik kepunyaan penduduk setempat.

Dinamakan Coban Lanang, karena air terjun ini merupakan aliran Kali Lanang. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, sekitar 15 sampai 20 meter, tetapi punya aliran yang cukup deras, dengan kejernihan yang mampu membius siapa saja yang berkunjung.

Halaman:

Editor: Anang Panca Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub