Tingkatkan Akses ke Paralayang Gunung Banyak, Pemkot Batu Bangun Jalan Tembus

- 9 Juli 2024, 11:53 WIB
Pemkot Batu akan memperbaiki akses jalan tembus ke lokasi take off paralayang Gunung Banyak.
Pemkot Batu akan memperbaiki akses jalan tembus ke lokasi take off paralayang Gunung Banyak. /Prokopim Kota Batu

MALANGRAYA.CO – Batu International Sport Tourism Festival (BISTF) Paragliding Accuracy League 2024 memang sukses digelar. Namun, ada beberapa catatan yang masih perlu diperhatikan, salah satunya akses ke Paralayang Gunung Banyak. Karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Batu berencana membangun jalan tembus ke tempat wisata plus olahraga tersebut.

“Berdasarkan evaluasi event paralayang kemarin, akses jalan menuju kawasan Paralayang Gunung Banyak masih sangat jauh. Atlet dan wisatawan harus memutar melalui Pujon untuk bisa naik ke lokasi take off Gunung Banyak,” tutur Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.

Karena itu, pihaknya pun meminta agar dibuatkan akses jalan tembus menuju Gunung Banyak, termasuk jalur khusus untuk para atlet. Pj Aries mengaku sudah menyampaikan permintaan tersebut kepada Perhutani sebagai pengelola wilayah dan mendapatkan tanggapan yang baik.

“Mereka (Perhutani) sangat terbuka dan akan bekerja sama dengan pemerintah daerah melalui peningkatan infrastruktur sebagai upaya menghidupkan potensi Perhutani,” sambung Pj Aries.

Selama ini, lanjut dia, akses jalan tembus menuju Paralayang Gunung Banyak memang sudah ada dan telah tersedia sejak beberapa tahun lalu. Namun, jalur masih berupa tanah dan cukup sulit diakses, terutama ketika musim hujan. Karena itu, pihaknya meminta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk melakukan pengerasan jalan

Baca Juga: Sukses Gelar BISTF Paragliding Accuracy League 2024, Kota Batu Targetkan Lebih Banyak Peserta Mancanegara

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Alfi Nurhidayat, juga mengonfirmasi bahwa pihaknya akan melanjutkan proses pembuatan jalan tembus. Nantinya, tidak akan dibuat jalan tembus baru, tetapi memperbaiki jalan yang sudah ada, tepatnya di atas Bukit Klemuk yang bisa menuju ke bawah Paralayang Gunung Banyak.

Pada pekan kemarin, Kota Batu baru saja menggelar BISTF Paragliding Accuracy League 2024 dan International Paragliding Accuracy Championship (IPAC) 4th Series. Diadakan sejak 3 sampai 7 Juli 2024, event ini diikuti 62 atlet paralayang dari tiga negara, dengan total 12 round perlombaan.

“Gelaran BISTF Paragliding Accuracy League 2024 berlangsung dengan lancar dan tanpa insiden. Ini merupakan prestasi tersendiri bagi Kota Batu, yang ditunjang kesiapan dari panitia dan penyelenggara,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq.

Halaman:

Editor: Anang Panca Kurniawan

Sumber: Pemkot Batu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub