Jelang Pilkada..! KPU Kota Batu Temukan Ratusan Pemilih Dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat, Apa Sebabnya?

- 10 Juli 2024, 13:20 WIB
 Marlina, Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Batu
Marlina, Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Batu /Raka/MALANGRAYA.CO

MALANGRAYA.CO - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dijadwalkan berlangsung pada November mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu mengumumkan temuan signifikan. Sebanyak 616 individu dinyatakan sebagai calon pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), sebuah kondisi yang menarik perhatian publik terhadap integritas daftar pemilih.

Marlina, yang menjabat sebagai Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Batu, membenarkan informasi terkait hal ini.

"Proses pencocokan dan penelitian (Coklit) terhadap 134.843 calon pemilih, yang mencakup sekitar 80 persen dari total data pemilih dalam Pilkada Kota Batu, telah mengungkapkan fakta tersebut," ungkapnya.

Selanjutnya, Marlina menjelaskan bahwa dalam proses Coklit, tercatat data kematian TMS pemilih yang meninggal, mencapai angka 616 orang di Kota Batu.

"Prosedur membutuhkan adanya akta kematian. Jika dokumen tersebut tidak tersedia, nama-nama tersebut dicoret dari daftar dan diwajibkan pengambilan tanda tangan Pantarlih," jelasnya pada Rabu, (10/7/2024).

Coklit, yang masih berlangsung, ditargetkan akan rampung pada 13 Juli mendatang. Menariknya, Desa Pandanrejo telah menyelesaikan proses Coklit dengan capaian 100 persen.

"Kami telah mencatat sebanyak 849 pemilih baru, 812 pemilih yang mengalami perubahan status, dan 524 pemilih disabilitas," lanjut Marlina.

Proses pencocokan dan penelitian ini dilakukan melalui sinkronisasi antara Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4), dengan dukungan penuh dari berbagai elemen untuk mencapai pendampingan yang terstruktur.

Marlina menambahkan, meskipun ada kendala seperti pelaporan data melalui digital yang harus dilakukan satu per satu oleh Pantarlih, serta kesulitan menemui pemilih saat kunjungan, tim KPU Kota Batu tetap optimistis dapat menyelesaikan proses Coklit tepat waktu.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: KPU Kota Batu Galih Rakasiwi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub