Tes Kesehatan Sopir Bus di Terminal Arjosari Malang Jelang Lebaran, Ada yang Hipertensi

- 3 April 2024, 10:02 WIB
Ratusan sopir bus di Terminal Arjosari Malang mengikuti pemeriksaan kesehatan jelang musim mudik Lebaran 2024.
Ratusan sopir bus di Terminal Arjosari Malang mengikuti pemeriksaan kesehatan jelang musim mudik Lebaran 2024. /malangkota.go.id

MALANGRAYA.CO – Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik menjelang Lebaran, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang menggelar pemeriksaan kesehatan terhadap pengemudi di Terminal Arjosari. Walau rata-rata aman, tetapi ada sebagian kecil yang terdeteksi punya hipertensi dan gula darah tinggi.

Pemeriksaan terhadap sopir bus Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antarkota Antar Provinsi (AKAP) diadakan pada Selasa, 2 April 2024. Ada kurang lebih 118 pengemudi dari sejumlah perusahaan otobus (PO) yang terlibat. Dari jumlah tersebut, 32 sopir terdeteksi menderita hipertensi dan 16 sopir memiliki kadar gula darah di atas ambang batas kesehatan.

“Dari hasil pemeriksaan kondisi pengemudi rata-rata aman, tetapi ada sebagian kecil yang memiliki hipertensi dan gula darah tinggi,” tutur Pj Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, ketika meninjau pemeriksaan kesehatan itu di Terminal Arjosari.

Baca Juga: Libur Lebaran 2024, 59 Ribu Kendaraan Masuk Kota Malang

“Untuk pengemudi yang memiliki hipertensi dan gula darah, tentunya sudah diberikan vitamin dan obat, dengan harapan mereka tetap fit selama mudik Idul Fitri tahun 2024,” sambung Pj Wahyu.

Ia pun berpesan agar pengemudi bus tetap menjaga kesehatan sebaik mungkin meskipun hasil pemeriksaan rata-rata kondisi kesehatan mereka aman dan tidak ada masalah. Ini dilakukan untuk memberikan jaminan keselamatan dan keamanan bagi penumpang yang mudik pada Lebaran kali ini.

Untuk memastikan mudik Lebaran 2024 berjalan dengan baik, nyaman, dan aman, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang juga sudah berkoordinasi dengan semua elemen terkait. Terlebih di Kota Malang nanti dipastikan akan terjadi lonjakan yang tinggi selama masa Lebaran seiring banyaknya warga masyarakat yang masuk maupun keluar Kota Malang.

Menurut prediksi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, akan ada 59 ribu kendaraan yang memasuki area Kota Malang selama libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024. Jumlah tersebut naik sebesar 16,2 persen jika dibandingkan momen yang sama tahun lalu.

“Prediksi kenaikan 16,2 persen tersebut terpantau dari hasil Rakor Rencana Penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2024 Provinsi Jawa Timur beberapa waktu yang lalu,” papar Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra, dalam keterangan resminya.***

Editor: Anang Panca Kurniawan

Sumber: ANTARA Pemkot Malang


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x