Harga Bawang Merah di Kota Malang Masih Mahal, Pj Wahyu: Kita Borong ke Probolinggo

- 22 Mei 2024, 11:45 WIB
Pj Wali Kota Malang saat melakukan sidak ke sejumlah pasar meninjau harga kebutuhan pokok.
Pj Wali Kota Malang saat melakukan sidak ke sejumlah pasar meninjau harga kebutuhan pokok. /Prokompim Setda Kota Malang

MALANGRAYA.CO – Pj Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM tidak memungkiri bahwa harga bawang merah di wilayah Kota Malang masih tinggi. Karena itu, pihaknya akan melakukan kerja sama antar-daerah, terutama dengan Probolinggo, untuk menambah stok.

“Alhamdulillah, semua harga kebutuhan pokok rata-rata stabil, normal, hanya satu yang belum terkendali, yakni bawang merah,” ujar Pj Wahyu saat memimpin sidak bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang di sejumlah pasar pada Selasa, 21 Mei 2024, kemarin.

“Kita sudah ada kerja sama antar-daerah. Sebelum naiknya (harga) bawang merah ini, kita akan mengadakan kerja sama dengan Probolinggo. Dari sana, kita beli dan kita jual dengan harga murah agar nanti harga bawang merah ini bisa terkendali,” sambung dia.

Pj Wahyu sendiri sempat berbincang dengan sejumlah pedagang, dan mereka rata-rata mengambil stok dari Probolinggo. Padahal, harga bawang merah Probolinggo masih tergolong tinggi dan stok di Kabupaten Malang masih tersedia.

“Mudah-mudahan minggu depan kita sudah pergi ke sana (Probolinggo) untuk membeli bawang merah. Kita borong dan akan segera kita gelontorkan ke masyarakat,” imbuh Pj Wahyu.

Nantinya, stok bawang merah yang dibeli Pemerintah Kota (Pemkot) Malang akan dijual di Warung Tekan Inflasi alias WTI. Warung ini berada di tiga tempat, yakni Pasar Besar, Pasar Dinoyo, dan Pasar Blimbing.

“Kita akan buka Warung Tekan Inflasi. Kita beli ke Probolinggo lalu dibawa dan dijual di sini dengan harga murah agar bisa terkendali,” lanjut dia.

Dalam satu pekan terakhir, harga bawang merah di wilayah Kota Malang memang berangsur naik. Semula dijual dengan harga Rp28 ribu, sekarang harga bawang merah sudah berada di angka Rp35 ribu per kg. Pengaruh cuaca yang menyebabkan produksi tidak stabil dinilai menjadi penyebab.

Sementara itu, salah satu pedagang mengatakan bahwa harga bawang merah sebenarnya sudah turun, tetapi memang masih terhitung mahal. Sebelumnya, harganya sempat menyentuh angka Rp40 ribu per kg.***

Editor: Anang Panca Kurniawan

Sumber: Pemkot Malang


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah