Sikapi Peristiwa Kecelakaan Bus, Begini Pesan Pj Wali Kota Malang..!

- 24 Mei 2024, 11:57 WIB
ilustrasi
ilustrasi /Dk/MALANGRAYA.CO

MALANGRAYA.CO - Menyikapi kegiatan study tour yang diselenggarakan oleh sekolah-sekolah, Penjabat Wali Kota Malang, Wahyu Hidayat, menyampaikan pesan dan arahan untuk melaksanakan kegiatan study tour di wilayah Malang Raya saja.

Peristiwa kecelakaan bus yang menimpa rombongan siswa dari beberapa sekolah belakangan ini menjadi topik yang masih sering dibahas. Kejadian itu terjadi di beberapa daerah seperti Subang, Malang, hingga Lampung.

"Saya mengajak agar study tour sekolah tidak dilakukan terlalu jauh dari Malang. Kita bisa menikmati berbagai destinasi wisata yang tersedia di Malang Raya yang tidak kalah menarik dengan daerah lain," ujar Wahyu.

Ia menganggap bahwa pelaksanaan study tour oleh sekolah memang penting, namun untuk mengurangi risiko keselamatan siswa, diharapkan sekolah tidak mengadakan study tour ke lokasi yang jauh.

"Kegiatan studi tur itu memang diperlukan. Namun, sebaiknya tidak usah jauh-jauh. Di Malang Raya sendiri sudah banyak tempat wisata yang layak dikunjungi," tambahnya.

Wahyu juga memberikan instruksi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang serta Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang untuk meningkatkan sosialisasi tentang keselamatan di sekolah-sekolah dan perusahaan-perusahaan otobus.

Selanjutnya, sekolah-sekolah diwajibkan untuk mendapatkan izin dari Disdikbud Kota Malang dan Dishub Kota Malang sebelum menyelenggarakan kegiatan study tour.

"Baru-baru ini kami telah mengadakan pertemuan dengan para kepala sekolah untuk mengingatkan mereka bahwa ada prosedur yang harus diikuti ketika akan menyelenggarakan study tour, khususnya untuk jenjang SD dan SMP," ungkapnya.

Sedangkan untuk perusahaan otobus, Dishub Kota Malang akan memperketat aturan mengenai standar kelayakan kendaraan sebelum dioperasikan.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: Pemkot Malang


Tags

Artikel Pilihan

Terkini