Percepat Proses Izin PBG dan SLF, IAI Wilayah Malang Siap Berkomitmen

- 14 Juni 2024, 00:03 WIB
IAI akan membuat help desk untuk pemohon PBG dan SLF yang kesulitan memenuhi dokumen hal ini disampaikan saat rapat koordinasi di kantor  dinas Cipta Karya
IAI akan membuat help desk untuk pemohon PBG dan SLF yang kesulitan memenuhi dokumen hal ini disampaikan saat rapat koordinasi di kantor dinas Cipta Karya /Dk/MALANGRAYA.CO

MALANGRAYA.CO – Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Wilayah Malang telah menyatakan kesiapannya untuk mendukung percepatan proses perizinan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF). Berkat inisiatif itu, dalam kurun waktu 22 hari kerja, tercatat peningkatan efisiensi dengan penyelesaian 2.248 register dari total 6.680 register yang sebelumnya tertunda, sehingga kini hanya tersisa 1.929 register yang menunggu penyelesaian.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi yang diadakan oleh Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang pada Kamis, (13/6/2024).

"Kami berfokus pada PBG dan SLF sebagai bentuk pelayanan terhadap masyarakat. Kami berupaya membantu Pemerintah Kota Malang, khususnya DPUPRPKP, dalam mempercepat proses perizinan ini.” tegas Ketua IAI Wilayah Malang, A. Indra Permana.

Untuk membantu pemohon yang mengalami kesulitan dalam melengkapi dokumen PBG dan SLF, IAI berencana membentuk help desk. Mereka memiliki arsitek bersertifikasi yang siap memberikan bantuan dalam penyusunan dokumen yang diperlukan.

"Spesialisasi IAI terletak pada bidang arsitektur. Kami menyediakan data pemohon dan dokumen-dokumen terkait, seperti dokumen arsitektur dan struktur. Sementara asosiasi lain juga turut serta memberikan dukungan sesuai bidangnya masing-masing. Kami fokus pada arsitektur sesuai dengan kompetensi yang kami miliki," jelas Indra.

IAI akan mengutamakan penanganan PBG untuk kategori bangunan sederhana hingga bangunan dengan kompleksitas tinggi. Prioritas diberikan kepada pembangunan untuk masyarakat menengah ke bawah atau yang kurang mampu.

"Kami tidak memungut biaya apapun, ini merupakan bentuk pengabdian profesi. Kami menyediakan pendampingan dan berharap dapat segera mengintegrasikan program ini ke dalam kegiatan organisasi kami," ujar Indra.

Masyarakat yang membutuhkan bantuan dari arsitek tersertifikasi dapat menghubungi sekretariat IAI yang berlokasi di Stadion Gajayana, tribun timur, Jalan Tangkuban Perahu.

"Kami akan membantu dalam pemeriksaan dokumen, kemudian mengembalikannya kepada pemohon untuk dilengkapi dengan bantuan drafter dan tenaga ahli lainnya," tambahnya.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: DPUPRPKP-CIPTA KARYA Kota Malang


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub