Percepat Perizinan SLF, sesuai UU Cipta Kerja…! Tim Bidang Cipta Karya DPUPRPKP Survei RS Permata Bunda

- 8 Juli 2024, 23:17 WIB
Tim Bidang Cipta Karya Dinas DPUPRPKP Kota Malang melakukan kunjungan langsung ke RS Umum Permata Bunda,  pada Senin(8/7/2024)
Tim Bidang Cipta Karya Dinas DPUPRPKP Kota Malang melakukan kunjungan langsung ke RS Umum Permata Bunda, pada Senin(8/7/2024) /Dk/MALANGRAYA.CO

MALANGRAYA.CO – Dalam upaya percepatan proses perizinan Sertifikat Laik Fungsi (SLF), tim dari Bidang Cipta Karya Dinas DPUPRPKP Kota Malang melakukan kunjungan langsung ke RS Umum Permata Bunda, berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta. Kunjungan ini merupakan bagian dari inisiatif perbaharui pengurusan Penyelenggaraan Bangunan Gedung (PBG) dan SLF rumah sakit itu, pada Senin (8/7/2024).

Ir Ade Herawanto, selaku Kepala Bidang Cipta Karya DPUPRPKP Kota Malang, menjelaskan bahwa langkah ini diambil sebagai bentuk komitmen pemerintah kota dalam mempercepat perizinan SLF, menurut ketentuan UU Cipta Kerja Nomor 11 tahun 2020 dan PP 16 Tahun 2021.

Perubahan signifikan yang dihadirkan oleh regulasi ini adalah transisi dari Izin Membangun Bangunan (IMB) menjadi Persetujuan Bangun Gedung (PBG), dengan proses pengajuan yang kini lebih mudah melalui sistem elektronik atau SIMBG.

"Kami berupaya mengubah paradigma lama, dimana SLF baru dikeluarkan setelah semua izin terpenuhi. Sekarang, kami fokus pada percepatan perizinan," ujar Ade.

Meskipun SLF dapat diterbitkan, Ade menekankan bahwa RS Permata Bunda masih perlu menyelesaikan beberapa catatan dan rekomendasi penting untuk mencapai standar rumah sakit tipe C.

Beberapa aspek yang harus segera diperbaiki meliputi sistem penerangan, pembuangan dan pengelolaan limbah, serta aspek keamanan seperti proteksi kebakaran.

"Perbaikan harus dilakukan sesuai dengan aturan dan site plan rumah sakit. Kami akan mengeluarkan izin secepat mungkin setelah itu, dan melakukan pengawasan yang ketat," lanjut Ade.

Di sisi lain, Direktur RS Umum Permata Bunda, dr Rita Dewi Zahara, menyatakan kesiapannya untuk memenuhi semua catatan dan rekomendasi dari DPUPRPKP Kota Malang.

Salah satu isu utama yang akan segera ditangani adalah sistem proteksi kebakaran, termasuk pemasangan hidran dan sprinkle.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: Tim Bidang Cipta Karya DPUPRPKP Kota Malang Rs Permata Bunda kota Malang


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub