Ingatkan Publik Terhadap Potensi Penyesatan Situs elaelo.id. - Begini..! Tanggapan Ketua Komtap Aptiknas

- 20 Juni 2024, 15:57 WIB
aplikasi elaelo.id saat diakses menggunakan tablet pada Rabu (19/6/2024). ANTARA/Livia Kristianti/aa.
aplikasi elaelo.id saat diakses menggunakan tablet pada Rabu (19/6/2024). ANTARA/Livia Kristianti/aa. /Dk/MALANGRAYA.CO

MALANGRAYA.CO - Dalam upaya meningkatkan kesadaran keamanan siber, Ketua Komtap Cyber Security Awareness Asosiasi Pengusaha TIK Nasional (Aptiknas), Alfons Tanujaya, mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat mengakses situs elaelo.id.

Situs ini diketahui menampilkan logo Garuda Pancasila dengan tulisan 'Under Construction by Kominfo', yang dapat menimbulkan persepsi keliru seolah-olah situs itu merupakan inisiatif atau proyek dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Dalam wawancara dengan ANTARA yang dikutip oleh MALANGRAYA.CO pada Rabu (19/6/2024), Alfons menegaskan bahwa Kominfo tidak pernah mengumumkan adanya aplikasi pengganti X yang bernama elaelo.

"Klaim tersebut jelas menyesatkan publik," ujar Alfons.

Alfons juga menyoroti perilaku administratur elaelo.id dengan identitas -Iron Dome #Hmei, yang diduga telah mengunggah berita dengan judul yang dimodifikasi dari portal berita ternama.

Sehingga menciptakan kesan seolah-olah Kominfo merekomendasikan elaelo sebagai alternatif setelah pemblokiran platform X. Hal ini menambah kekhawatiran akan potensi disinformasi yang dapat merugikan pengguna.

"Diharapkan untuk tidak menjalankan aplikasi apa pun yang disediakan oleh elaelo. Sikapnya yang telah terindikasi kurang baik menuntut kita untuk bertindak dengan kehati-hatian," ujar analis keamanan siber dari Vaksincom.

Lebih lanjut, Alfons menekankan pentingnya kehati-hatian dalam mengakses platform elaelo.id, terutama dalam hal pendaftaran pengguna dan penggunaan kata sandi.

Ia menyarankan agar tidak sembarangan memberikan informasi pribadi atau menggunakan kata sandi yang sama dengan platform lain, guna menghindari risiko pencurian data kredensial.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: Kominfo ANTARA Aptiknas


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub