Penyakit Gampang Lupa Tak Perlu Panik, Begini Cara Jitu Pertajam Fokus di Usia Berapapun!

- 9 Juli 2024, 00:17 WIB
Memori dan Fokus: Mengatasi Tantangan Penuaan dengan Strategi Praktis
Memori dan Fokus: Mengatasi Tantangan Penuaan dengan Strategi Praktis /Berita Solo Raya/

MALANGRAYA.CO - Seiring bertambahnya usia, banyak orang mengalami penurunan kemampuan untuk fokus dan mengingat informasi. Penelitian menunjukkan bahwa mulai usia 45 tahun, kemampuan memori manusia mulai mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh proses penuaan yang mempengaruhi fungsi kognitif, termasuk kecepatan pemrosesan informasi dan memori jangka pendek.

Kendala dalam pemrosesan informasi dapat menyebabkan informasi yang masuk ke dalam memori jangka pendek menjadi terhambat, sehingga mengurangi jumlah informasi yang dapat diterima dan dienkripsi ke dalam memori jangka panjang.

Namun, kabar baiknya adalah terdapat strategi yang dapat membantu meningkatkan fokus dan perhatian, sehingga memungkinkan individu untuk mengatasi gangguan dan meningkatkan kemampuan mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Kehilangan Memori Tak Selalu Demensia: Bagaimana Usia Mempengaruhi Daya Ingat dan Pembelajaran

Berikut adalah empat strategi yang direkomendasikan:

1. Ketika berbicara dengan seseorang, fokuskan perhatian Anda kepada orang tersebut.
Jika Anda kehilangan sebagian pembicaraan, jangan ragu untuk meminta orang tersebut mengulanginya atau berbicara lebih pelan. Hal ini akan membantu memastikan bahwa Anda tidak kehilangan informasi penting.

2. Gunakan teknik parafrase untuk memperkuat pemahaman.
Misalnya, jika seseorang mengatakan, "Kita bisa menonton film di Bioskop Loews jam 7:30 atau di Paramount jam 7:50," Anda bisa merespons, "Kamu lebih memilih yang mana, 7:30 di Loews atau 7:50 di Paramount?" Teknik ini tidak hanya memperjelas komunikasi tetapi juga membantu mengukuhkan informasi dalam memori Anda.

3. Berusaha untuk bertemu di lingkungan yang tenang jika Anda mudah terganggu.
Menyarankan untuk bertemu di rumah seseorang daripada di restoran yang bising bisa menjadi solusi. Posisi duduk juga penting; duduk menghadap teman bicara Anda dengan punggung mereka menghadap dinding dapat membantu Anda fokus pada percakapan tanpa terdistraksi oleh pengunjung lain.
Baca Juga: Apa Itu Papilledema? Penyakit yang Menamatkan Karir Kurnia Meiga Eks Kiper Arema

4. Lakukan satu tugas dalam satu waktu untuk meningkatkan fokus.
Menghindari gangguan sangat penting. Jika seseorang mengajukan pertanyaan saat Anda sedang membaca atau bekerja, mintalah mereka menunggu sampai Anda selesai. Tidak perlu menjawab telepon langsung; biarkan mesin penjawab mengambil pesan.

Menerapkan strategi-strategi ini dapat membantu individu, terutama mereka yang berada dalam usia lanjut, untuk meningkatkan fokus dan memori mereka. Dengan demikian, mereka dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih efektif dan memuaskan. ***

Editor: Yudhista AP

Sumber: Harvard Health


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub