Pemkot Mojokerto Beri Beasiswa Kuliah Gratis! Pendaftaran Dibuka 15 Juli 2024

- 9 Juli 2024, 09:05 WIB
Pj Wali Kota Mojokerto mengatakan pihaknya menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi asal Kota Mojokerto.
Pj Wali Kota Mojokerto mengatakan pihaknya menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi asal Kota Mojokerto. /Diskominfo Kota Mojokerto

MALANGRAYA.CO – Kabar menarik bagi warga Kota Mojokerto yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto kembali memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi. Pendaftaran beasiswa ini dibuka mulai 15 sampai 26 Juli 2024, dan nantinya akan diadakan seleksi.

“Untuk pendidikan yang menjadi tanggung jawab Pemkot Mojokerto sudah kita intervensi dengan pemberian seragam sekolah, sepatu gratis. Untu pendidikan tinggi, kita intervensi dengan pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi,” jelas Pj Wali Kota Mojokerto, Moh. Ali Kuncoro.

Pria yang akrab disapa Mas Pj itu melanjutkan, dengan adanya berbagai intervensi dari pemerintah, diharapkan bisa membentuk sumber daya manusia (SDM) Kota Mojokerto yang berkualitas. Juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Mojokerto sudah masuk kategori tinggi, di angka 80,07 persen. Salah satu komponen IPM adalah bidang pendidikan yang dihitung berdasar rata-rata lama sekolah (RLS) dan harapan lama sekolah (HLS) yang juga terus meningkat dari tahun ke tahun,” lanjut dia.

Baca Juga: Buruan Daftar! Program Beasiswa Santri Beprestasi 2024 Sudah Dibuka, Simak Jadwal dan Syaratnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Disporapar) Kota Mojokerto, Rachmi Widjajati, menjelaskan bahwa beasiswa ini diperuntukkan warga Kota Mojokerto yang tengah menempuh studi di perguruan tinggi negeri non kedinasan, baik jenjang D3, D4, maupun S1 atau Sarjana. Tahun ini, pihaknya cuma membuka melalui jalur indeks prestasi.

“Bagi seluruh warga Kota Mojokerto yang saat ini sedang kuliah di perguruan tinggi negeri non kedinasan dengan IPK paling rendah 3,00, dapat mengajukan permohonan beasiswa,” ujar dia.

“Terkait teknis pendaftaran, syarat yang harus dipenuhi antara lain surat permohonan beasiswa, KTP, KK, Kartu Hasil Studi atau KHS, surat keterangan sebagai mahasiswa aktif maupun surat keterangan tidak sedang mendapatkan sanksi akademik, dan makalah inovasi,” sambung Rachmi.

Nantinya, semua persyaratan tersebut dapat dikirimkan melalui tautan https://beasiswa-disporapar.mojokertokota.go.id. Mahasiswa yang tertarik mengikuti seleksi juga dapat mengikuti acara sosialisasi yang menurut rencana akan digelar pada Sabtu, 13 Juli 2024, mendatang.

Halaman:

Editor: Anang Panca Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub