Transformasi Pendidikan..! Kota Batu - Bangun Generasi Z Melek Finansial dan Teknologi

- 10 Juli 2024, 12:53 WIB
Era Baru Pendidikan, Kepala Sekolah di Kota Batu Dilatih Hadapi Dunia Digital dan Finansial
Era Baru Pendidikan, Kepala Sekolah di Kota Batu Dilatih Hadapi Dunia Digital dan Finansial /Raka/MALANGRAYA.CO

MALANGRAYA.CO, Batu – Sebanyak 150 kepala sekolah dari berbagai lembaga pendidikan di Kota Batu berkumpul dalam sebuah acara pelatihan Training of Trainer (ToT) Agen Literasi Keuangan. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang dengan Google Indonesia, berlangsung di Hotel Golden Tulip pada Rabu, (10/7/2024).

Pelatihan ini diadakan dengan tujuan utama untuk mendorong transformasi dan adaptasi terhadap perkembangan teknologi yang kian pesat, khususnya dalam bidang pendidikan.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, menekankan pentingnya kreativitas dan inovasi dalam mendidik Generasi Z agar dapat memanfaatkan teknologi digital secara optimal.

"Generasi Z memiliki keunikan tersendiri, dimana mereka lahir dan tumbuh dalam lingkungan yang sudah akrab dengan teknologi. Oleh karena itu, pendidikan harus dapat menstimulasi kreativitas dan inovasi, bukan hanya kecerdasan intelektual semata," ujar Aries Agung Paewai.

Dalam konteks pendidikan, literasi keuangan dan pemahaman tentang transformasi digital menjadi dua komponen penting yang harus diperhatikan.

Kedua aspek ini sangat relevan dengan fenomena investasi online dan pinjaman online (pinjol), yang sudah mulai merambah ke dunia pendidikan.

"Kita harus memahami dan waspada terhadap investasi dan pinjaman online, mengingat dampaknya yang cukup signifikan. Dalam ToT ini, para peserta akan mendapatkan berbagai informasi penting, termasuk cara cerdas mengelola keuangan dan mendorong sekolah untuk bertransformasi," tambah Aries Agung Paewai.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh berbagai pejabat penting, di antaranya Kepala OJK Malang, Biger Adzana Maghribi; Veralina S L Tobing dari OJK Malang, Ahmad Fikri Dzulfikar, Coach and Trainer Spesialist dari Google, serta beberapa kepala dinas dan bank daerah yang turut memberikan dukungan dan masukan dalam pelaksanaan pelatihan ini.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para kepala sekolah dapat menjadi agen perubahan dalam mempersiapkan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tapi juga memiliki kecerdasan finansial dan kemampuan adaptasi terhadap teknologi digital yang semakin berkembang.(grs)***

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: OJK Google Pemkot Batu diknas kota batu


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub