Mengawal MPLS..! Perlunya Pengawasan Ketat, Selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Cegah Bullying

- 10 Juli 2024, 18:50 WIB
 MPLS Tanpa Bullying Langkah Awal Membangun Sekolah yang Inklusif dan Menghargai Keberagaman
MPLS Tanpa Bullying Langkah Awal Membangun Sekolah yang Inklusif dan Menghargai Keberagaman /Raka/MALANGRAYA.CO

MALANGRAYA.CO - Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Aries Agung Paewai, menekankan pentingnya pengawasan ketat selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk menghindari terjadinya bullying atau kekerasan.

MPLS, merupakan tahapan penting dalam memperkenalkan lingkungan sekolah kepada peserta didik baru, seharusnya menjadi momen pembelajaran tentang menghormati sesama, bukan sebaliknya.

"Kami menolak keras adanya kekerasan dan bullying saat MPLS. Ini adalah saat mereka belajar tentang lingkungan sekolah dan menghormati sesama," ujar Aries Agung Paewai, pada Rabu, (10/7/2024).

Pj Wali Kota Batu ini juga menambahkan bahwa para peserta didik baru, yang berasal dari berbagai sekolah, akan berkumpul menjadi satu. Hal ini menuntut pentingnya nilai saling menghormati antar siswa.

Tujuan dari MPLS tidak hanya sekedar pengenalan terhadap aspek fisik sekolah, seperti sarana dan prasarana, tetapi juga aspek nonfisik seperti kegiatan sekolah, jadwal belajar, dan kehidupan sekolah sehari-hari.

Kegiatan ini dirancang untuk memperkenalkan program sekolah, cara belajar yang efektif, serta penanaman konsep pengenalan diri dan pembinaan awal kultur sekolah.

Menurut Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016, pelaksanaan MPLS harus melibatkan kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan.

"Kegiatan MPLS dilarang keras mengarah pada perploncoan atau tindakan kekerasan lainnya," tegas Aries.

Lebih lanjut, Aries menegaskan bahwa materi tentang kesadaran berbangsa dan bernegara merupakan salah satu poin penting yang harus diberikan selama MPLS.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: Pemkot Batu Galih Rakasiwi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub