Pj Wali Kota Malang Dorong Kampung Rotan Tasikmadu Jadi Destinasi Wisata, Produk Sudah Tembus Mancanegara

- 17 Juni 2024, 22:38 WIB
Pj Wali Kota Malang mencoba menganyam rotan saat mengunjungi wilayah Tasikmadu.
Pj Wali Kota Malang mencoba menganyam rotan saat mengunjungi wilayah Tasikmadu. /Prokompim Kota Malang

MALANGRAYA.CO – Pj Wali Kota Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, melanjutkan kunjungannya ke sejumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Setelah Kampung Sanan, ia mendatangi UMKM kerajinan rotan di Kelurahan Tasikmadu. Bermodal promosi dari mulut ke mulut, ternyata produk para perajin ini sudah menembus pasar internasional.

“Setelah berbicara dan melihat langsung dengan pemilik UMKM, ternyata ini luar biasa, karena promosi dan penjualan produk masuk dilakukan dari mulut ke mulut berdasarkan hasil kualitas yang dirasakan dari pemesan,” kata Pj Wahyu.

“Pemesan juga tidak main-main, karena banyak hotel dari Bali yang pesan dan peminatnya dari mancanegara,” tambah dia.

Karena sangat potensial, lanjut Pj Wahyu, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang siap hadir untuk memberikan bantuan kepada perajin. Bantuan berupa pemberian fasilitas, pelatihan, dan juga mengikutsertakan UMKM dalam sejumlah pameran, baik di dalam maupun luar negeri, dalam rangka memperluas pangsa pasar.

“Kita nanti bisa meningkatkan pembinaannya agar mereka bisa memberikan satu kaderisasi, kemudian kita akan memberikan sarana dan prasarana seperti toko. Tidak kalah penting adalah bantuan promosi sehingga mereka bisa merasakan kehadiran pemerintah,” sambung dia.

Baca Juga: Kampung Tempe Sanan Malang, Butuh Terus Berinovasi Agar Tetap Digemari

Tidak cuma itu, menurut Pj Wahyu, dengan geliat sentra kerajinan rotan, wilayah Tasikmadu ini sangat potensial dijadikan sebuah kampung wisata. Dengan pembangunan kampung wisata tersebut, diharapkan bisa memberikan efek positif bagi warga setempat.

“Ini adalah aset dan bisa menjadi bagian dari destinasi wisata karena hampir semua rumah di Tasikmadu bisa memproduksi kerajinan rotan. Ini bisa menjadi kampung wisata tersendiri, dengan produk baik yang sintetis maupun yang rotan,” tandas dia.

Sementara itu, salah satu perajin rotan di Tasikmadu, Misfandi, mengatakan bahwa dirinya sudah rutin mengirimkan hasil produksinya ke Bali. Produk yang dikirimkan ada bermacam-macam, seperti kursi tamu, keranjang, hingga kursi yang biasanya dipakai untuk bersantai di pantai.

Halaman:

Editor: Anang Panca Kurniawan

Sumber: Pemkot Malang


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub