Rupiah Melawan Kenaikan Kurs Dolar, Bagaimana Dampaknya pada Harga Emas?

- 25 Mei 2024, 10:02 WIB
Ketegangan Geopolitik Angkat Harga Emas, Simak Prediksinya!
Ketegangan Geopolitik Angkat Harga Emas, Simak Prediksinya! //Foto oleh Robert Lens: https://www.pexels.com/id-id/foto/

MALANGRAYA.CO - Harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang diawasi intensif melalui laman resmi Logam Mulia, menunjukkan angka stabil pada Sabtu pagi, bertengger di angka Rp1.325.000 per gram.

Penetapan harga ini terjadi pasca penurunan yang tercatat pada hari Jumat, dimana emas Antam mengalami penurunan sebesar Rp20.000 dari posisi semula Rp1.345.000 per gram.

Tak hanya harga jual, nilai buyback emas batangan pun menjadi sorotan. Pada hari yang sama, harga jual kembali emas Antam tercatat sebesar Rp1.211.000 per gram.

Di sisi lain, harga emas di pasar internasional menunjukkan gerak terbatas pada hari yang sama, meskipun mata uang Dolar AS (USD) mengalami penguatan. Pada pukul 14:00 WIB, emas berjangka diperdagangkan pada harga $2.339, sementara indeks XAU/USD berada di angka $2.337.

Baca Juga: Akhirnya Wuling Cloud EV Meluncur di Malang, Berapa Harganya?

Analis pasar menyatakan bahwa kenaikan harga emas mungkin terbatas akibat berkurangnya ekspektasi pasar terhadap penurunan suku bunga oleh Federal Reserve (Fed) AS pada bulan September mendatang.

Namun, permintaan akan aset safe-haven yang meningkat seiring eskalasi ketegangan geopolitik di Timur Tengah, berpotensi mendorong harga emas naik.

Mata uang Asia secara umum mengalami pelemahan terhadap USD dalam sepekan terakhir. Mengacu pada data Bloomberg, nilai tukar rupiah di pasar spot pada perdagangan Rabu (22/5) ditutup menguat tipis 0,02% ke level Rp 15.995 per dolar AS.

Secara mingguan, rupiah tercatat menguat 0,14% dibandingkan dengan penutupan pekan sebelumnya di Rp 15.978 per dolar AS. Di sisi lain, yen Jepang turun tipis 0,03% menjadi 156,95 yen per dolar AS, sedangkan dolar Singapura mengalami kenaikan sebesar 0,10% ke SGD 1,3500 per dolar AS dalam periode yang sama.

Halaman:

Editor: Yudhista AP


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah