Pertumbuhan Transaksi Paylater Offline dan Online Meningkat Signifikan di Indonesia

- 27 Juni 2024, 14:21 WIB
Salah satu platform SpayLater milik Shopee
Salah satu platform SpayLater milik Shopee /Dk/MALANGRAYA.CO

MALANGRAYA.CO - Di tengah gencarnya pertumbuhan sektor e-commerce, fenomena transaksi Paylater juga menunjukkan perkembangan yang signifikan, tidak hanya pada platform belanja online, tetapi juga pada transaksi belanja offline. Berdasarkan data terkini, kontribusi Paylater pada sektor belanja offline mencapai 27,7% dari total keseluruhan transaksi, dengan peningkatan hingga 169% sepanjang tahun 2023.

Penelitian terbaru yang dilaksanakan oleh Kredivo bersama Katadata Insight Center (KIC) dalam laporan bertajuk "Laporan Perilaku Pengguna Paylater Indonesia 2024" mengungkapkan bahwa Paylater masih menjadi pilihan utama bagi 68% responden.

Hal ini menunjukkan inklusivitas serta kemudahan dalam mengakses layanan kredit yang ditawarkan oleh Paylater kepada konsumen.

Laporan itu merupakan hasil dari analisis yang dilakukan terhadap data transaksi online dan offline yang diambil dari lebih dari dua juta sampel pengguna Kredivo yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia selama tahun 2023.

Penelitian ini juga melibatkan survei online yang dilakukan terhadap hampir tujuh ribu responden antara tanggal 10 Maret hingga 7 April 2024.

Indina Andamari, SVP Marketing & Communications Kredivo, menyatakan bahwa berbagai temuan dalam laporan itu mulai dari penyebaran adopsi Paylater ke berbagai wilayah di Indonesia.

Sehingga tingkat kepuasan pengguna dari berbagai generasi, semakin memperkuat optimisme terhadap pertumbuhan industri Paylater di masa yang akan datang.

"Kolaborasi strategis antara Kredivo dan Katadata Insight Center ini dapat memberikan manfaat sebagai acuan bagi semua pihak terkait, tidak hanya bagi pelaku industri, tetapi juga bagi regulator, agar dapat bersama-sama memajukan industri Paylater di Indonesia. Kredivo pun terus berinovasi agar Paylater dapat menjadi sarana pembuka akses layanan keuangan yang lebih luas bagi masyarakat, serta menjadi metode pembayaran yang dipilih baik di merchant online maupun offline." harapnya.

Adek Media Roza, Executive Director Katadata Insight Center, menambahkan bahwa transaksi Paylater offline mencapai titik tertinggi pada kuartal keempat tahun 2023, dengan angka mencapai 44% dari total keseluruhan transaksi.

Halaman:

Editor: Dodik Fajar Iswahyudi

Sumber: Kredivo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini